Apakah itu immobilizer


  21-05-2015

Sering kita mendengar fitur Immobilizer di mobil-mobil dengan harga premium, kira-kira apa sih Immobilzer ini, dan bagaimana cara kerjanya.

Cara kerja sistem Immobilizer seperti dikutip dari Kompas Otomotif adalah sebagai berikut.

Sistem immobilizer terdiri dari sebuah transponder yang terletak di kunci kontak, immobilizer control unit receiver lampu indikator, IMOES Unit, dan ECM (Engine Control Module) atau PCM (Powertrain Control Module).

Saat kunci dimasukkan ke dalam lubang kunci dan diputar ke posisi ON, Immobilizer control unit receiver mengirimkan sinyal ke transponder di kunci kotak. Transponder yang tertanam dikunci kontak akan mengirimkan balik sinyal yang berisi kode melalui Imoobilizer control unit receiver ke ECM atau PCM.

Mesin kendaraan bisa hidup bila kode transmisi pada kunci sesuai dengan kode transmisi yang sudah terdaftar pada ECM atau PCM. Sebaliknya, jika kode transmisi tidak dikenal oleh ECM atau PCM, maka mobil tidak dapat dihidupkan.

Sistem Immobilizer terasa lebih aman ketimbang alarm mobil biasa. Alasan utamanya adalah mobil yang memiliki sistem Immobilizer tidak akan bisa distarter menggunakan sembarangan kunci dan harus menggunakan kunci aslinya.

Toyota Semarang - Daftar Harga dan Paket Kredit Mobil Toyota di Semarang berlaku juga untuk wilayah Demak, Kudus, Pati, Purwodadi, Blora. Anda dapat menghubungi Sales Toyota Nasmoco Semarang (Donny)
Telkomsel: 081227069186
Whatsapp /WA: 081227069186
Indosat: 08561919474
BBM: 2B55DB3C